Blogger templates

Morfologi Spermatozoa

Sel kelaminatau gamet merupakan hasil proses gametogenesis yaitu pada jantan gametogenesis. Spermatozoid vertebrata terdiri atas bagian kepala, leher, bagian tengah dan ekor yang berupa flagel panjang. Sperma hewan-hewan yang berbeda, berbeda pula dalam ukuran, bentuk dan mobilitasnya. Bentuk spermatozoid adalah spesifik spesies, perbedaannya terutama pada bentuk kepalanya yaitu dari bulat pipih sampai panjang lancip (Muchtaromah, 2006,146).
Walaupun ukuran dan bentuk sperma berbeda-beda pada berbagai jenis hewan namun struktur morfologinya adalah sama. Panjang dan lebar kepala kira-kira 8,0 sampai 10,0 mikron kali 4,0 sampai 4,5 mikron pada sperma sapi. Permukaan sperma dibungkus oleh suatu membran lipoprotein. Apabila sel tersebut mati, permeibilitas membran meninggi, terutama di daerah pangkal kepala, dan hal ini merupakan dasar dari pewarnaan semen yang membedakan sperma hidup dari yang mati (Mozes, 1979)
Semen atau mani dalam ilmu reproduksi hewan adalah zat cair yang keluar dari tubuh melalui penis sewaktu kopulasi. Lebih lanjut telah di ketahui bahwa semen yang dimaksud dalam ilmu reproduksi itu terdiri dari bagian yang berupa sel dan bagian yang tidak bersel. Sel-sel itu hidup dan bergerak disebut spermatozoa dan cairan di dalam mana sel-sel itu berenang disebut seminal plasma (Partodihardjo, 1992).
Menurut Partodihardjo (1992) kualitas sperma baik sekali apabila dengan pebesaran 10×10 telihat gelombang-gelombang besar, jelas dan begerak cepat. Gelombang-gelombang ini dapat dikenal karena tampak lebih gelap. Penilaian aktivitas massa sel sperma dinyatakn dengan tanda tiga plus (+ + +) atau aktif sekali. Kualitas sperma baik, bila gelombang-gelombang dapat terlihat, meskipun tidak segelap golongan baik sekali; demikian pula gerak gelombangnya agak lamban. Penilaian aktivitas spermatozoa dinyatakan dengan (+ +) atau dua plus. Artinya cuckup akif. Kualitas sperma kurang baik, bila gelombang tidak jelas terlihat; kalaupun telihat memerlukan pengamatn sungguh-sungguh. Bayang-bayang gelap dari gelombang tidak tampak, lebih-lebih pergerakannya. Penilaian dinyatakan dengan satu plus (+). Kualitas sperma jelek bila, gelombang massa spermatozoa sulit ditaksir adanya. Penilaian dinyatakan dengan tanda minus (-) atau nol (0) artinya kosong, tidak ada aktivitas.
Morfologi Spermatozoa Morfologi Spermatozoa Reviewed by andre on 6:36 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.