Blogger templates

Sel Sperma Pada Manusia perokok II


Dari hasil pengamatan sel spermatozoa pada manusia yang perokok II mengamati secara makroskopik, sperma tersebut mempunyai warna putih susu dan kental sebelum dilakukan pengenceran dengan garam fisiologis NaCl 0.9 % dan berwarna putih bening setelah pengenceran. Sperma tersebut mempunyai volume 2,3 ml  dengan PH 7 (netral) baik sebelum pengenceran maupun setelah penambahan garam fisiologis NaCl 0,9 %.
Sedangkan dari hasil pengamatan secara mikroskopik, sel spermatozoa yang kami amati mempunyai bentuk kepala yang lonjong dan langsing dengan bagian ekor panjang yang berfungsi untuk pergerakan spermatozoa dengan mengibaskannya kekanan dan kekiri. Sperma ini mempunyai gerak masa sangat lambat, sedangkan gerak individunya berupa gerak maju pada sel spermatozoa yang normal. Sperma yang kami amati ini mempunyai tingkat viabilitas yang sedang  dengan jumlah sel sperma pergerakan yang cepat mencapai 10%, diam 20%, sedangkan yang hanya sekedar bergerak baik itu bergerak lambat atau berputar-putar mencapai 20%. Keabnormalan ini dapat berupa gerakan spermatozoa yang melingkar, kepalanya yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga tidak proporsional dengan ekornya, kepala ganda, ekor yang melengkung dsb. Sedangkan 50% sisanya mengalami gerak lambat dengan terputusnya bagian ekor atau kepala. 
Spermatozoa yang normal, memiliki kriteria kepala yang berbentuk bulat lonjong dan gepeng dengan tebal 1-2 mikron dan panjang 9 mikron, lehernya berbentuk bulat pendek, dan ekornya berbentuk bulat panjang dan bergerak maju (Setiadi. 2007).
Sel Sperma Pada Manusia perokok II Sel Sperma Pada Manusia perokok II Reviewed by andre on 1:47 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.