Sunday, February 26, 2012

Oosit sekunder


Ketika embryo berumur 6 bulan oosit primer memasuki meiosis I, mulai dari tahap leptoten, zigoten sampai pakiten. Waktu bayi lahir meiosis I sudah menyelesaikandiploten profase. Meiosis berhenti dulu sampai sini, sampai saat anak wanita itu akil baliq pada umur sekitar 12-13 tahun.
Ketika wanita sudah akil baliq meiosis I diselesaikan sampai diakinesis dan waktu mau berovulasi meiosis II berlangsung sampai metafase. Oosit sekunder ini berhenti mengalami meiosis, sampai saat ada kesempatan dibuahi. Kalau tidak dibuahi meiosis II tak dilengkapi sama sekali.
Ketika meiosis I berlangsung, terbentuk 1 oosit sekunder dan 1 polosit primer dari 1 oosit primer. Polosit itu akan bergenerasi secara berangsur.
Kalau pembuahan berlangsung dan meiosis II diselesaikan, dari 1 oosit sekunder terbentuk 1 ootid dan 1 polosit sekunder. Sementara itu polosit primer pun ikut bermeiosis II sehingga terbentuk 3 polosit pada akhir pembelahan. Ketiga polosit ini tetap hadir di luar ootid, sebelah dalam zona pellucida sampai pada cleavage awal mengalami degenerasi dan diresap.

0 komentar:

Post a Comment