Lidah Buaya ( Aloe vera Linn)

Pada pengamatan sayatan tipis dengan perbesaran 10 x 10, dapat terlihat epidermis, korteks, floem, kambium, xylem dan empulur. Batang lidah buaya ini termasuk batang dikotil dan mempunyai berkas pembuluh tipe konsentris amfivasal dan berkas pengangkutnya berada teratur di dalam lingkaran.
Sistem jaringan pembuluh primer (sistem jaringan pembuluh yang terdapat dalam tumbuhan yang belum menghasilkan kambium pembuluh, jadi kebiasaan primer) terdiri dari sejumlah berkas pembuluh yang berbeda-beda ukurannya. Posisi xylem dan floem dalam berkas atau ikatan pembuluh beragam, diantaranya berkas pengangkut kolateral yaitu berkas pengangkut dimana letak xylem dan floem berdampingan, dalam hal ini letak floem di bagian luar atau di sebelah luar xylem (Hidayat, 1995).
Batang lidah buaya mempunyai berkas pembuluh tipe konsentris amvifasal yaitu terdapatnya kambium dalam berkas ini, yang berfungsi sebagai penghubung antara floem dan xylem. Selain itu dapat berperan dalam membentuk floem sekunder ke arah dalam (Sutrian, 1992).
Empulur biasanya terdiri dari parenkim yang dapat mengandung kloroplas. Bagian tengah empulur dapat rusak  diwaktu pertumbuhan, sering hal itu terjadi dibagian di daerah ruas, sementara didaerah buku empulur utuh (Hidayat, 1995).

No comments