Manfaat Hutan bagi Kehidupan


Sebagai karunia dari tuhan yang maha esa, hutan memiliki kekayaan sumber daya hayati dan non hayati yang tak terhingga. Hal ini menjadi karunia dan harus dikelola secara bijak agar tetap dapat berfungsi secara lestari. Saat ini aktivitas manusia yang berlebihan yang  tidak memperhatikan  kaidah-kaidah konservasi, daya dukung lahan dan kelestarian lingkungan telah membuat hutan menjadi rusak.  Sungai-sungai menjadi dangkal dan kering serta lahan kritis yang terus bertambah.
Sebagai sumber daya alam, hutan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan.  Tajuk pohon yang banyak dan berlapis-lapis pada tanaman yang ada di hutan akan sangat membantu  untuk menahan energi potensial air hujan yang jatuh sehingga aliran air permukaan tidak terlalu besar , hal ini akan mengurangi kerusakan tanah , baik erosi percikan maupun erosi alur.  Kondisi ini  akan membantu kesuburan tanah dan penyerapan air tanah. Menurut FAO, jumlah total vegetasi hutan di Indonesia menghasilkan lebih dari 14 miliar ton biomassa, jauh lebih tinggi daripada negara negara lain di Asia, dan setara dengan sekitar dua puluh persen biomassa di seluruh hutan tropis di Afrika.
Secara global  hutan adalah paru-paru dunia  karena akan menyerap karbondioksida di udara dan melepaskan oksigen yang lebih banyak yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia. Hutan dalam fungsinya sebagai suatu sistem penyangga kehidupan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga ketersediaan air tanah. Kerusakan hutan akibat perbuatan manusia membuat fungsi tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Rusaknya daerah tangkapan hujan (cathment area) pada Daerah Aliran Sungai (DAS) membuat  rusaknya sistem tata air tanah. Pada musim penghujan air tidak lagi dapat diserap oleh tanah karena tidak adanya biomassa hutan yang dapat menahan laju aliran permukaan meresapkan, air kedalam tanah, sehingga air langsung menuju ke sungai yang mengakibatkan terjadi banjir. Sebaliknya pada musim panas sungai-sungai cepat sekali menjadi kering karena tidak ada lagi mata air yang mengalir ke sungai. Berbagai manfaat yang disediakan oleh hutan Indonesia jauh melebihi nilai yang didapatkan dari hasil-hasil hutan. Lima belas Daerah Aliran Sungai (DAS) terbesar di Indonesia merupakan sumber air bagi lebih dari 16 juta orang yang tinggal disekitarnya. Hutan di DAS ini membantu melindungi pasokan air dengan menstabilkan tanah di lereng-lereng bukit dan mengatur laju dan kecepatan aliran sungai.
              Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan.  Sebagai suatu ekosistem hutan juga  sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai sumber plasma nutfah  hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting dipertahankan keberadaannya karena merupakan habitat dari berjuta jenis tanaman.

No comments