Blogger templates

Merpati Columba livia


      Pada tubuh burung diliputi oleh bulu, kecuali pada bagian kaki cakar tertutup oleh sisik dan paruh diselubungi oleh zat yang menanduk. Burung termasuk tetrapoda, tetapi sepasang exstremitas anteriornya mengalami modifikasi membentuk sayap dan sepasang exstremitas posterior berupa kaki untuk hinggap atau untuk berenang (Kastawi, 1992).
     Pada bagian kepala terdapat paruh (rostrum) yang bentuknya bervariasi dan berfungsi untuk mengambil makanan. Nares (lubang hidung luar) yang sebagian ditutup oleh tonjolan kulit lunak yang disebut ceroma. Pada waktu terbang ceroma dijulurkan kedepan, menutup sebagian nostril sehingga udara dipanaskan (Soemiadji, 1986).
    
Mata (organon visus) relatif besar dan terletrak sebelah lateral pada kepala dengan kelopak mata yang berbulu. Pada sudut medial terdapat membrana nikitan yang dapat ditari menutupi mata. Di belakang dan di bawah tiap-tiap mata terdapat lubang telinga yang tersembunyi dibawah bulu khusus (Jasin, 1984).
     Seluruh badannya di tutupi oleh bulu-bulu. Fungsi bulu-bulu ini antara lain sebagai isolator memperingan tubuh pada waktu terbang dan lain-lain. Ada 3 tipe bulu utama, yaitu tipe plumae (bulu kasar), plumulae (bulu halus) dan filoplumae (bulu rambut). Plumae terutama terdapat pada ekor, sayap dan bagian punggung. Berukuran relatif besar dengan bagian-bagiannya yaitu rachis (tangkai bulu), vexillum (bendera), barbulae (cabang dari barbae), barbae (cabang dari rachis) dan radiculae (kait yang menghubungkan barbulae satu dengan barbulae yang lain) (Soemiadji, 1986).
     Bulu pada burung sebenarnya merupakan pertumbuhan epidermis yang menjadi bentuk ringan dan fleksibel. Pertumbuhan bulu dimulai munculnya papil dermal yang kemudian mencuat menutupi epidermis.pada bagian dasar kuncup bulu melekuk kedalam pada tepinya, sehingga terbentuk foliculus. Berikutnya epidermis kuncup bulu menanduk untuk membentuk bungkus yang halus. Bagian tengah kuncup bulu berisi pembuluh darah (Kastawi, 1992).
2.2 Klasifikasi
Berdasarkan karakteristik di atas, maka merpati (Columba livia) dapat dklasifikasikan sebagai berikut :
Kingdom      Animalia
Phylum      Chordata (bertulang rangka primer)
Sub filum    Vertebrata (bertulang punggung)
Class            Aves (burung)
Sub class   Neornites (burung bersayap sempurna)
      Divisi       Karninatae   (burung dengan tulang dada bertaju)
    Ordo            Columba
Family      Columbidae
Genus           Columbia
Spesies          Columba livia  (Mahardono, 1980)
Merpati Columba livia Merpati  Columba livia Reviewed by andre on 1:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.